NEWS
DETAILS
Senin, 30 Mar 2020 11:36 - Honda Community

Papua menjadi salah satu provinsi terluas di Indonesia dan dikenal sebagai salah satu surga wisata alam di Indonesia bahkan dunia. Papua juga memiliki ragam budaya, wisata dan kuliner mengesankan dan hampir membuat tecengang.

Papua memiliki daya tarik tersendiri pada cita rasa makanan yang eksotis, mungkin bagi sebagian orang akan mengatakan menjijikkan.

Berani mencoba kuliner yang eksotis ini, brad?

Sate Ulat Sagu

Ulat Sagu ini berasal dari pohon sagu yang dipotong kemudian batangnya dibiarkan membusuk. Batang yang membusuk tersebut akan muncul ulat-ulat. Untuk mengambil ulat-ulat itu, batang sagu tersebut dibongkar/dibuka dengan kapak. Bentuk Ulat Sagu bervariasi, ada yang sangat kecil hingga yang paling besar seukuran jempol jari tangan orang dewasa. Ulat Sagu ini biasa dimakan langsung (masih hidup) atau dimasak terlebih dahulu seperti ditumis, disayur, digoreng dan dijadikan sate.

Rasanya manis, asin dan keras di luar, lunak di dalam. Daging yang ada di dalamnya mengandungprotein tinggi. Kandungan gizi dari Ulat Sagu itu sendiri, ditiap 100 gr ulat sagu mentah yang akan dimasak mengandung protein sekitar 9,34%, juga terdapat beberapa kandungan asam amino esensial, seperti asam aspartat (1,84%), asam glutamat (2,72%), tirosin (1,87%), lisin (1,97%), dan methionin (1,07%). dengan tekstur yang lunak, sedikit kenyal dan manis serta memiliki gizi yang tinggi.

Cacing Laut

Diolah dengan cara dicuci bersih, dipotong-potong, direndam dengan air jeruk nipis lalu digoreng garing. Cacing laut bisa diolah macam-macam sesuai selera, bisa dibalado, digoreng kering dan disate. Cacing laut juga digemari laki-laki untuk obat keperkasaan.

Cacing Tambelo

Cacing yang memiliki nama latin Bactronophorus Thoracites ini memiliki taring, tekstur yang lembut, dan berlendir. Cacing yang hidup di pohon setengah busuk itu dijadikan sebagai camilan oleh masyarakat Papua. Biasanya disantap secara mentah-mentah. Katanya, rasanya mirip dengan daging cumi mentah.

 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK